Tips Beternak Ikan Gabus Di Kolam Terpal

Belajar Beternak – Ternak ikan gabus saat ini memang sangat banyak di lakoni oleh masyarakat Indonesia. Berikut adalah Tips Beternak Ikan Gabus Di Kolam Terpal yang tentu bisa anda gunakan sebagai referensi. Untuk anda yang ingin memulai ternak ikan gabus dengan menggunakan kolam terpal tetapi masih belum mengetahuinya. Tentu anda bisa simak dan ikuti terus artikel saya kali ini. Lobang Belut

Tips Beternak Ikan Gabus Di Kolam Terpal

Ikan berasal dari Indonesia, sering ditemukan hidup di perairan air tawar seperti waduk, sungai bahkan di rawa rawa. Namun sayangnya sekarang populasi dari ikan gabus kian berkurang sehingga melakukan tindakan budidaya tentunya sesuai yang sangat diperlukan dan di kembangkan.

Ikan gabus ini dikenal dengan berbagai nama seperti haruan, kocolan, bogol, bale salo, kutuk, bayong dan licingan. Meskipun ikan ini masih kalah populer dengan ikan lele, bandeng, dan ikan nila. Tetapi ikan ini justru memiliki nilai gizi yang sangat tinggi. Percaya atau tidak, ikan ini memiliki asam amino esensial dan non esensial.

Bahkan banyak masyarakat yang percaya bahwa ikan ini mampu membantu proses penyembuhan luka bakar, infeksi paru paru, hepatitis dan mampu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Sehingga baik di berikan pada ibu hamil, bayi dan anak anak, Cuma sangat di sayangkan. Popularitas ikan ini belum setenak ikan air tawar lainnya.

Untuk itulah disini saya akan memberikan informasi Tips Beternak Ikan Gabus Di Kolam Terpal yang tentu bisa anda gunakan. Tips ini tentu merupakan tips yang telah saya terapkan sendiri. Berikut adalah beberapa tips untuk memulai budidaya ternak ikan gabus dalam kolam terpal.

Pemilihan Kolam

Tips Beternak Ikan Gabus Di Kolam Terpal

Tentu ada beberapa kolam yang tentu sangat cocok untuk anda gunakan sebagai salah satu media yang tentu mudah dan praktis untuk anda gunakan pada kolam gabus. Dan saat ini masih belum banyak masyarakat yang masih belum banyak yang menggunakan kolam terpal yang bisa digunakan sebagai tempat tinggal untuk ikan.

Saat ini, sangat banyak sekali para peternak ikan yang ingin memilih kolam terpal sebagai alternatif untuk mereka yang ingin beternak ikan tetapi memiliki lahan yang pas pasan. Dan tentu menggunakan kolam terpal ini juga bisa menghemat biaya pembuatan. Berikut adalah keuntungan menggunakan kolam media terpal. Info Tempat Liburan

  • Sangat bagus untuk daerah yang tidak bagus atau tidak mudah untuk mendapatkan air bersih. Jika anda tinggal di daerah yang tidak terlalu mudah untuk mendapatkan air bersih seperti di daerah berpasir dan di pesisir tentu Tips Beternak Ikan Gabus dengan menggunakan kolam terpal adalah kolam yang sangat bagus untuk kalian gunakan.
  • Menjaga kestabilan suhu di kolam. Beberapa petani ikan telah membuktikan bahwa dengan menggunakan kolam terpal bisa lebih mudah untuk menjaga suhu air kolam menjadi lebih stabil.
  • Tidak terlalu bau, dengan menggunakan kolam terpal. Ikan yang dibudidayakan dengan menggunakan kolam terpal tentu tidak berbau lumpur jika di bandingkan dengan membudidayakan ikan gabus dengan menggunakan kolam tanah.
  • Lebih mudah untuk melakukan pemanenan, karena pada kolam ini lebih minim lumpur atau bahkan tidak ada sama sekali.

Pemilihan Indukan Ikan Gabus

Tips Beternak Ikan Gabus Di Kolam Terpal

Sebelum melakukan pembudidayaan ikan gabus, tentu anda akan memilih terlebih dahulu indukan ikan gabus yang bagus, sehat dan tentunya aktif. Untuk memilih indukan jantan yang berkualitas tentu harus memenuhi syarat yang telah di tentukan. Berikut adalah beberapa ciri ciri indukan ikan gabus yang berkualitas.

Indukan Jantan

  • Memiliki bentuk kepala oval, warna tubuh lebih gelap, lubang genital merah, dan jika diurut perutnya akan mengeluarkan cairan berwarna putih.

Indukan Betina

  • Bentuk kepala membulat, warna tubuh terang, bentuk perut lebih besar dan lembek, jika di urut perutnya akan mengeluarkan telur.

Pemijahan Ikan Gabus

Tips Beternak Ikan Gabus Di Kolam Terpal

Pemijahan berarti adalah sebuah proses dimana adanya pelepasan telur beserta sperma pada indukan ikan yang nantinya akan menghasilkan pembuahan. Ini adalah proses yang tejradi ketika anda telah menemikan untuk melakukan pemijahan. Tips Beternak Ikan Gabus ini tentu bisa anda lakukan untuk memulai budidaya ternak ikan gabus dengan mudah.

Tentu anda bisa mencampurkan beberapa indukan jantan dan betina. Setidaknya 20 hingga 30 indukann, disinilah bak aau kolam yang telah anda pilih sebelumnya di perlukan. Biarkan indukan ikan gabus selama 3 atau 4 hari didalam kolam tersebut, usahakan agar air untuk tetap mengalir selama terjadinya proses pemijahan berlangsung.

Dan anda juga bisa menambakan beberapa tanaman air kedalam kolam selama proses pemijahan. Isi air kolam dengan batasan hingga 50 cm. Biasanya ikan gabus betina mampu menghasilkan hingga 11,000 butir telur. Telur telur tersebut akan menetas dalam waktu kurang lebih sehari. Dan anda bisa mengatur suhu air kolam hingga 28 derajat celcius, biarkan saja anakan ikan gabus yang telah menetas tersebut.

Perawatan Burayak Saat Umur 2 Hari

  • Untuk merawat benih ikan gabus, tentu anda harus memberkan makanan seperti artemia,  dan anda juga bisa memberikan pakan 3 kali dalam sehari agar larva tersebut bisa tumbuh besar dengan cepat.

Perawatan Burayak Saat Umur 5 Hari

  • Tahap memberikan makan 3 kali dalam sehari dan jika perlu di sisipkan makanan tambahan seperti daphina. Selalu di ingat, bahwa untuk mengganti air kolam dan kelancaran sirkulasi serta jangan lupa untuk selalu memberikan pakan.

Pemberian Pakan Ikan Gabus

Tips Beternak Ikan Gabus Di Kolam Terpal

Ikan gabus merupakan jenis ikan air tawar yang memang sangat rakus. Jadi jangan sampai telah untuk pemberian pakan, karena jika anda telat memberikan pakan ikan. Tentu ikan gabus bisa menjadi kanibal satu sama yang lainnya. Untuk memberikan pakan ikan gabus anda bisa memberikannya pakan seperti kodok sawah, keong mas, cacing tanah atau yang lainnya.

Dan tentu anda juga bisa memberikan pakan ikan gabus pakan tambahan seperti pelet buatan sendiri yang tentu dengan bahan bahan alami yang telah anda siapkan.

Usahakan untuk menyediakan pakan pelet yang memiliki banyak kandungan protein, lemak dan karbohidrat. Yaitu berkisar antara protein 15%, Lemak 15% dan karbohidrat 10%. Pakan tambahan dapat berupa udang kecil, ikan teri, anakan rayap dan ampas dapur. Tips Beternak Ikan Gabus ini tentu agar proses pertumbuhan ikan gabus akan lebih cepat. QBandar Login

Cara untuk membuat pakan tambahan ikan gabus adalah dengan cara mencampurkan ikan teri 20%, ampas tahu 20% dedak 20% dan jagung 10%. Setelah itu anda bisa mencampurkan semua bahan tersebut dan direbus, kemudian anda bisa menggiling dan di aduk hingga rata. Selanjutnya anda bisa menjemur pakan tersebut hingga kering dan merata agar bisa diberikan ke ikan.

Panen Ikan Gabus

Tips Beternak Ikan Gabus Di Kolam Terpal

Proses panen ikan gabus dapat dilakukan sesuai dengan permintaan pasar atau rumahan. Proses pemanenan juga tidak bisa dilakukan secara serentak. Namun tentu bisa anda lakukan dengan cara bertahap, tentu cara ini sangat berbeda dengan ternak ikan lele, ikan mas, ikan patin dan ikan lainnya.

Jika proses pemanenan ikan jenis lain dilakukan dengan cara serentak. Tentu anda bisa memanen ikan gabus ini sesuai dengan permintaan pasar ataupun perumahan. Untuk anda yang ingin mencari informasi yang menarik lainnya seputar Informasi Panduan Belajar Beternak. Tentu anda bisa membaca aritikel Tips Beternak Ikan Gabus saya ini. Atau bisa kunjungi selalu blog saya ini agar anda bisa mendapatkan informasi terupdate.

Related Post

  • Langkah Langkah Budidaya Kepiting Soka Yang Tepat 150x150

    Langkah Langkah Budidaya Kepiting Soka Yang Tepat

    Belajar Beternak - Ingin melakukan usaha budidaya kepiting soka tetapi belum mengerti Langkah Langkah Budidaya Kepiting Soka Yang Tepat ?. Tentu semua para pecinta kuliner mengetahui apa itu kepiting
  • Tips Ternak Bebek Pedaging Agar Sukses 150x150

    Tips Ternak Bebek Pedaging Agar Sukses

    Belajar Beternak - Informasi yang kali ini akan saya bahas adalah tentang Tips Ternak Bebek Pedaging Agar Sukses. Melakukan usaha ternak ataupun budidaya apapun, tentu semua orang ingin mendapatkan
  • Cara Ternak Domba Merino Yang Menguntungkan 150x150

    Cara Ternak Domba Merino Yang Menguntungkan

    Belajar Beternak - Cara Ternak Domba Merino Yang Menguntungkan merupakan tema pembahasan yang kali ini akan saya berikan untuk anda yang ingin melakukan usaha ternak domba. Tentu anda bisa simak dan
  • Cara Penggemukan Sapi Secara Organik Agar Cepat Panen 150x150

    Cara Penggemukan Sapi Secara Organik Agar Cepat Panen

    Belajar Beternak - Cara Penggemukan Sapi Secara Organik saat ini merupakan salah satu solusi agar hasil panen sapi bisa lebih cepat dari pada biasanya yang bisa di panen selama kurang lebih 4 sampai
  • Panduan Cara Ternak Kelinci Untuk Pemula 150x150

    Panduan Cara Ternak Kelinci Untuk Pemula

    Belajar Beternak - Panduan Cara Ternak Kelinci Untuk Pemula merupakan artikel yang kali ini akan saya bahas. Sesuai dengan permintaan dari para peternak yang ada di Indonesia yang masih belum
  • Pos-pos Terbaru