Tips Budidaya Ikan Sidat Di Kolam Terpal

Belajar Beternak – Ternak budidaya ikan sidat tentu tidak semua orang ketahui, maka dari itu disini saya akan memberikan Tips Budidaya Ikan Sidat Di Kolam Terpal yang tentu bisa anda simak. Ikan sidat adalah ikan yang termasuk dalam keluarga Anguilida dan genus Anguilla, ikan ini memiliki bentuk mirip dengan lele atau belut, yaitu memanjang dan berbentuk seperti tabung. Lobang Belut

Tips Budidaya Ikan Sidat Di Kolam Terpal

Melakukan budidaya ternak ikan sidat sebenarnya tidak terlalu jauh berbeda dengan jenis ikan lain. Anda hanya harus memahami Tips Budidaya Ikan Sidat. Ikan sidat merupakan salah satu jenis ikan yang snagat tidak menyukai banyak cahaya, ikan sidat akan berenang kedasar kolam saat matahari terik.

Tentu hal ini merupakan tantangan yang harus dilewati oleh para peternak budidaya ternak ikan sidat. Karena memang beternak ikan sidat lebih dituntut untuk lebih kreatif dan menciptakan lingkungan yang baik untuk ikan sidat. Karena memang ini akan berpengaruh pada pertumbuhan ikan sidat itu sendiri.

Dengan permintaan pasar akan daging ikan sidat di negara Jepang membuat negara jepang sendiri tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan ikan sidat. Selama ini negara jepang hanya mampu memproduksi sekitar 30% saja dan untuk 70% ikan sidat mereka mendatangkan kebutuhan ikan sidat dari berbagai manca negara.

Saat ini di Indonesia memang sudah sangat banyak sekali masyarakat yang membudidayakan ikan sidat sebagai salah satu bisnis mereka. Salah satu ikan yang memiliki cita rasa yang gurih dan enak ini sangat banyak sekali di gemari oleh masyarakat, sehingga tidak heran jika permintaan pasar tentang ikan sidat sangat meningkat.

Salah satu cara yang sangat efektif untuk melakukan budidaya ternak ikan sidat adalah dengan menggunakan kolam terpal. Tips Budidaya Ikan Sidat dengan menggunakan kolam terpal memang termasuk salah satu cara yang sangat mudah untuk di geluti dan di pelajari. Selain mudah, anda juga akan mendapatkan beberapa keuntungan seperti mudah dalam hal memanen, biaya pembuatan kolam yang tidak memakan biaya besar. Dan serta mudah untuk membersihkan kolam.

Pemilihan Bibit Ikan Sidat

Tips Budidaya Ikan Sidat Di Kolam Terpal

Memilih ikan sidat yang akan di budidayakan tentu merupakan salah satu hal yang harus sangat di perhatikan. Untuk itu, disini saya akan memberikan Tips Budidaya Ikan Sidat. Karena memang ikan sidat termasuk jenis ikan komersial dan memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi. Saat ini benih ikan sidat dijual dengan harga yang memang sangat tinggi. Harga bibit ikan sidat bisa mencapai hingga Rp 150,000 per kilogram dengan jumlah sekitar 500 benih atau bibit.

Benih ikan sidat yang baik memiliki ciri ciri ukuran ekor yang tidak terlalu panjang atau besar jika di bandingkan dengan bagian badannya. Jika ekor bibit ikan sidat lebih panjang atau besar jika di bandingkan dengan dengan badannya. Maka pertumbuhan ikan sidat tentu akaan mengalami hambatan atau ikan akan sulit untuk tumbuh dengan cepat. QJoker Login

Persiapan Kolam Terpal

Tips Budidaya Ikan Sidat Di Kolam Terpal

Jika dalam budidaya ternak ikan sidat anda ingin menggunakan kolam terpal. Tentu dengan menggunakan kolam terpal memiliki banyak kelebihan jika di bandingkan dengan teknik seperti kolam permanan atau kolam semen. Selain dapat menghemat biaya dibanding dengna menggunakan kolam permanen, budidaya ikan sidat dengan menggunakan kolam memiliki beberapa kuentungan.

  1. Proses memanen ikan sidat cenderung lebih mudah dan cepat
  2. Air kolam terpal lebih mudah untuk di bersihkan
  3. Temperatur air kolam terpal cenderung lebih stabil

Untuk membuat kolam terpal yang baik dengan sirkulasi air yang bagus, maka diperlukan beberapa peralatan seperti pompa air, filter kolam, selang udara, dan batuan aerasi. Pompa air kolam sangat penting dalam proses beternak ikan sidat sebagai penggerak air kolam dan meningkatkan kandungan oksigen kedalam air.

  • Usahakan membuat kolam terpal dengan ukuran ideal 2 x 7 x 0,7 meter
  • Buat rangka kolam dengan menggunakan bahan kayu atau besi
  • Anda bisa membuat pagar sisi sisi kolam dari bahan kayu atau bambu
  • Berikan alas yang terbuat dari karpet atau sekam padi
  • Pasang terpal untuk mencegah kebocoran, lalu ikatkan pada rangka rangka kolam
  • Isi kolam dengan air sungai dengan kedalam air kolam mencapai kurang lebih 40 cm
  • Berikan oksigen dengan menggunakan pompa udara dengan 12 lubang.

Pembesaran Dan Pemberian Pakan Ikan Sidat

Tips Budidaya Ikan Sidat Di Kolam Terpal

Keberhasilan budidaya ternak ikan sidat tentu sangat di tentukan dari kualitas pakan yang diberikan. Untuk itulah disini saya akan memberikan Tips Budidaya Ikan Sidat, pakan ikan sidat yang dapat anda berikan adalah berupa pakan hidup seperti cacing tanah, udang dan kepiting. Selain pakan hidup, ikan sidat juga dapat diberikan pakan tambahan yang mengandung protein lebih dari 40%.

Nutrisi untuk ikan sidat juga sangat penting untuk anda perhatikan. Karena untuk mendapatkan hasil panen yang maksimal, tentu ikan sidat pada umumnya membutuhkan nutrisi seperti lemak, karbohidrat, protein, mineral dan juga vitamin. Tentu anda juga harus mencermati, karena 50 sampai 70% biaya budidaya Ternak Ikan Sidat adalah untuk pakan dan nutrisi yang dibutuhkan.

Pemberian pakan ikan sidat tentu anda bisa memberikannya pakan berupa pelet dan pakan capuran. Pakan campuran dapat berupa campuran pakan udang, psp dan indofeed di campurkan dengan vitamin c dan cmc. Dengan perbandingan 10% : 45% : 45%, pemberian pakan sebaiknya dilakukan pada pukul 10 pagi sebanyak 40% dan malam hari sekitar jam 8 malam sebanyak 60%.

Tentu anda juga bisa melakukan pengamatan bobot mingguan dari ikan sidat. Tujuannya mengamati bobot adalah untuk mengamati pertumbuhan ikan sidat. Anda bisa mengambil dari 5% ikan sidat sebagai sampel untuk mengamati bobotnya, jika bobot kurang, tentu anda bisa mengejar ketertinggalan bobot di minggu berikutnya. Sebagai pencegahan penyakit yang menyerang, anda bisa menjaga kebersihan kolam dan pakan dengan probiotik.

Pasca Panen

Tips Budidaya Ikan Sidat Di Kolam Terpal

Masa pasca panen merupakan suatu momen yang sangat ditunggu tunggu oleh semua para peternak. Dengan masa pemeliharaan ikan sidat selama kurang lebih 1,5 tahun untuk masa panen konsumsi di dalam negeri. Dan masa panen waktu sekitar 2 tahun jika anda ingin mengekspor ikan sidat ke Jepang. Anda sudah bisa menikmati hasil dari ternak ikan sidat yang anda jalankan.

Untuk anda yang ingin mencari informasi Tips Budidaya Ikan Sidat Di Kolam Terpal ataupun informasi yang menarik lainnya seputar Informasi Cara Belajar Beternak. Anda bisa kunjungi selalu blog saya ini, karena disini setiap harinya saya akan terus memberikan informasi lengkap tentang cara beternak hewan ataupun tips cara merawat hewan peliharaan.

Related Post

  • Langkah Langkah Budidaya Kepiting Soka Yang Tepat 150x150

    Langkah Langkah Budidaya Kepiting Soka Yang Tepat

    Belajar Beternak - Ingin melakukan usaha budidaya kepiting soka tetapi belum mengerti Langkah Langkah Budidaya Kepiting Soka Yang Tepat ?. Tentu semua para pecinta kuliner mengetahui apa itu kepiting
  • Tips Ternak Bebek Pedaging Agar Sukses 150x150

    Tips Ternak Bebek Pedaging Agar Sukses

    Belajar Beternak - Informasi yang kali ini akan saya bahas adalah tentang Tips Ternak Bebek Pedaging Agar Sukses. Melakukan usaha ternak ataupun budidaya apapun, tentu semua orang ingin mendapatkan
  • Cara Ternak Domba Merino Yang Menguntungkan 150x150

    Cara Ternak Domba Merino Yang Menguntungkan

    Belajar Beternak - Cara Ternak Domba Merino Yang Menguntungkan merupakan tema pembahasan yang kali ini akan saya berikan untuk anda yang ingin melakukan usaha ternak domba. Tentu anda bisa simak dan
  • Cara Penggemukan Sapi Secara Organik Agar Cepat Panen 150x150

    Cara Penggemukan Sapi Secara Organik Agar Cepat Panen

    Belajar Beternak - Cara Penggemukan Sapi Secara Organik saat ini merupakan salah satu solusi agar hasil panen sapi bisa lebih cepat dari pada biasanya yang bisa di panen selama kurang lebih 4 sampai
  • Panduan Cara Ternak Kelinci Untuk Pemula 150x150

    Panduan Cara Ternak Kelinci Untuk Pemula

    Belajar Beternak - Panduan Cara Ternak Kelinci Untuk Pemula merupakan artikel yang kali ini akan saya bahas. Sesuai dengan permintaan dari para peternak yang ada di Indonesia yang masih belum
  • Pos-pos Terbaru