Tips Cara Budidaya Ikan Lele Di Kolam Terpal

Belajar Beternak – Pada artikel yang kali ini akan saya bahas adalah informasi tentang Tips Cara Budidaya Ikan Lele Di Kolam Terpal. Untuk kalian yang memang selama ini sedang mencari bagaimana tips untuk memulai usaha budidaya ikan lele di kolam terpal tetapi masih belum menemukannya. Tentu kalian bisa simak dan ikuti terus artikel saya ini.

Tips Cara Budidaya Ikan Lele Di Kolam Terpal

Ikean lele adalah sejenis ikan yang hidup di air tawar, ikan lele tentu sangat mudah untuk dikenali karena tubuhnya yang sangat licin, agak pipih memanjang, serta memiliki kumis. Tetapi pada pembahasan kali ini saya tidak hanya membahas tentang ciri ciri ikan lele atau bahkan habitat asli ikan lele.

Pada pembahasan kali ini akan saya bahas informasi menarik tentang Tips Cara Budidaya Ikan Lele agar kalian bisa berhasil untuk melakukan usaha budidaya ikan lele dirumah. Budidaya ikan lele memang sangat menarik untuk dilakukan. Mengingat bahwa permintaan pasa yang terus menerus sangat meningkat.

Tentu melakukan usaha budidaya ikan lele adalah salah satu binis yang sangat menjanjikan. Sangat banyak sekali rumah makan atau warung pecel lele yang menggunakan ikan ini untuk di konsumsi. Tanpa terkecuali, tentu masyarakat di Indonesia dari anak anak hingga orang tua sangat suka menikmati berbagai macam jenis olahan dari ikan lele.

Ikan lele juga dapat hidup dalam kepadatan tebar dan rasio terhadap pertumbuhan yang sangat baik. Dan ternyata, ikan lele juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Oleh karena itu, Budidaya Ikan Lele akan sangat berpengaruh besar terhadap permintaan pasar yang sangat tinggi.

Pembuatan Kolam Terpal

Tips Cara Budidaya Ikan Lele Di Kolam Terpal

Tahap utama yang harus kalian lakukan sebelum memulai usaha budidaya ikan lele adalah dengan membuat kolam terpal. Untuk membuat kolam ikan lele dengan menggunakan media terpal tentu sangat berbeda dengan pembuatan kolam tanah atau kolam beton dan kolam semen. Dan berikut adalah cara membuat kolam ikan lele dengan menggunakan media terpal.

Langkah awal yang harus kalian lakukan adalah dengan mencuci terpal bagian dalam dengan menggunakan sabun untuk menghilangkan bau lem atau bahan kimia yang dapat membunuh benih ikan lele. Setelah itu, bagian dalam terpal dibilas dengan bersih dan dikeringkan selama satu hari, kolam di isi dengan air hingga 20 cm.

Setelah terisi, air didiamkan selama kurang lebih satu minggu untuk proses pembentukan lumut dan untuk pertumbuhan fito plankton. Dan kemudian anda bisa menambahkan air lagi hingga mencapai 80 cm stelah ikan dewasa. Air yang telah ditinggalkan selama seminggu tersebut diberikan daun daun seperti daun singkong atau daun pepaya.

Pemilihan Bibit Ikan Lele Berkualitas

Tips Cara Budidaya Ikan Lele Di Kolam Terpal

Bibit ikan lele merupakan salah satu faktor penentu dalam melakukan usaha budidaya ikan lele. Pasalnya, resiko kerugian yang anda terima tentu sangat bergantung pada kualitas bibit ikan lele yang dipilih. Dan anda juga harus mengamati dengan teliti bagaimana performa ikan lele sebelum anda memutuskan untuk membelinya.

Bibit ikan lele yang berkualitas tentu sebaiknya memperhatikan beberapa kriteria. Kriteria tersebut merupakan mencakup, asal bibit, gerakan, fisik, riwayat indukan dan lain lainnya. Untuk kriteria yang pertama adalah bibit harus berasal dari hasil benih ikan lele. Karena pada umumnya jenis bibit lele tersebut merupakan dari indukan terbaik.

Tentu anda pernah melihat bibit ikan lele yang gerakannya sangat lamban dan hanya di satu tempat saja ukan ?. Itu adalah tanda tanda bibit lele yang jelek, dan jika benih lele yang berkualitas akan sebaliknya. Memiliki fisik bentuk badan yang sempurna dan tidak cacat dan yang terakhir adalah ukuran bibit yang seragam, itu adalah tips memilih benih ikan lele berkualitas pada artikel Tips Cara Budidaya Ikan Lele yang kali ini saya bahas.

Pemberian Pakan Ikan Lele

Tips Cara Budidaya Ikan Lele Di Kolam Terpal

Untuk pemberian pakan, tentu kalian dapat melakukan sebanyak 3 kali dalam sehari di jam 7 pagi, jam 5 sore, dan jam 8 malam. Makan tentu tidak harus selalu 3 kali dalam sehari, bisa anda berikan sesuai dengan kebutuhan sepserti 4 kali sehari dan kebutuhan pakan pada ikan. Dalam proses pemberian pakan, tentu anda juga bisa mencampurkan dengan pakan jenis lain.

Anda bisa menggunakan sentrat ikan 781 sampai 1 karena memang didalamnya mengandung nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh ikan. Protein minimal 35%, lemak 10 sampai 16%, karbohidrat 15 sampai 25%, serta vitamin dan mineral. Karena memang semua protein atau mineal yang telah saya jelaskan di atas sangat di butuhkan.

Untuk pemberian pakan tidak boleh terlalu berlebihan karena akan menimbulkan berbagai macam jenis penyakit yang akan menyebabkan amonia beracun. Untuk pakan jenis lain, kalian juga bisa memberikan pakan kroto, semut rangrang. Karena pakan ini lebih efektif dan efisien, terlebih lagi jika kita mengetahui cara budidaya kroto dirumah.

Karena di Tips Cara Budidaya Ikan Lele ini, kalian bisa memanfaatkan makanan alami yang ada. Dan jika kalian ingin mencari informasi tentang jenis jenis penyakit ikan lele dan bagaimana cara untuk menyembuhkannya. Tentu kalian bisa simak aritkel kami sebelumnya di Jenis Penyakit Ikan Lele Dan Cara Pengobatinya.

Pengendalian Hama Dan Penyakit

Tips Cara Budidaya Ikan Lele Di Kolam Terpal

Hama dan penyakit pada semua hewan peliharaan atau hewan ternak memang tidak bisa di anggap remeh. Penyakit tentu akan dapat mempengaruhi volume produksi pada hewan ternak yang kita pelihara. Hama biasanya adalah berang berang, burung pemakan ikan, kucing dan lain lain. Dan untuk jenis penyakit tentu adalah virus dan bakteri.

Pencegahan yang dapat kalian lakukan adalah dengan menggunakan seperti penghalang sehingga tidak ada hewan lihar yang masuk kedalam kolam dan memakan bibit ikan yang kita budidayakan. Untuk penyakit yang dapat diberikan adalah obat obatan yang banyak tersedia di toko perikanan, tergantung dengan jenis penyakit yang menjangkit pada ikan tersebut.

Dan setelah ikan lele dipelihara selama kurang lebih 90 hari, tentu ikan sudah siap di panen. Pemanenan dilakukan dengan menyortir dengan memilih ikan yang layak untuk di konsumsi atau di jual. Ukuran yang biasanya di konsumsi adalah sekitar 4 sampai 7 ekor per kg atau sesuai dengan keinginan pembeli atau konsumen.

Jika memang kalian ingin mencari informasi yang menarik lainnya seputar cara beternak atau cara merawat hewan peliharaan. Tentu kalian bisa simak dan kunjungi selalu blog rekan kami di Ternak Berkualitas. Disana kalian akan bisa mendapatkan berbagai macam jenis informasi penting dan menarik disetiap harinya.

Related Post

  • Tips Cara Budidaya Ikan Lele Di Kolam Terpal 150x150

    Tips Cara Budidaya Ikan Lele Di Kolam Terpal

    Belajar Beternak - Pada artikel yang kali ini akan saya bahas adalah informasi tentang Tips Cara Budidaya Ikan Lele Di Kolam Terpal. Untuk kalian yang memang selama ini sedang mencari bagaimana tips
  • Langkah Langkah Ternak Ulat Sutera 150x150

    Langkah Langkah Ternak Ulat Sutera

    Belajar Beternak - Tema pembahasan kali ini adalah tentang bagaimana Langkah Langkah Ternak Ulat Sutera Agar Menghasilkan. Melakukan usaha ternak di Indonesia sendiri memang bisa dilakukan dengan
  • Teknik Cara Budidaya Burung Walet Dirumah 150x150

    Teknik Cara Budidaya Burung Walet Dirumah

    Belajar Beternak - Ingin memulai usaha ternak burung walet dirumah tetapi belum banyak mengetaui tentang Teknik Cara Budidaya Burung Walet Dirumah. Dan berikut adalah informasi lengkap tentang
  • Cara Ternak Ulat Jerman Dengan Langkah Tepat 150x150

    Cara Ternak Ulat Jerman Dengan Langkah Tepat

    Belajar Beternak - Belum pernah melihat bagaimana Cara Ternak Ulat Jerman ? Mungkin pada artikel yang kali ini saya update untuk kalian yang ingin memulai usaha bisnis ternak ulat jerman bisa
  • Langkah Langkah Ternak Gurame Di Kolam Beton 150x150

    Langkah Langkah Ternak Gurame Di Kolam Beton

    Belajar Beternak - Informasi yang kali ini akan saya bahas adalah informasi tentang Langkah Langkah Ternak Gurame Di Kolam Beton. Untuk anda yang ingin melakukan usaha ternak ikan gurame dirumah
  • Pos-pos Terbaru