Tips Ternak Bebek Pedaging Agar Sukses

Belajar Beternak – Informasi yang kali ini akan saya bahas adalah tentang Tips Ternak Bebek Pedaging Agar Sukses. Melakukan usaha ternak ataupun budidaya apapun, tentu semua orang ingin mendapatkan keuntungan atau penghasilan yang besar. Salah satu ternak yang sangat banyak dilakukan oleh masyarakat di Indonesia saat ini adalah ternak bebek pedaging ataupun ternak bebek petelur.

Tips Ternak Bebek Pedaging Agar Sukses

Sebagian besar masyarakat Indonesia saat ini menyuplai bebek pedaging di ambil dari bebek betina yang sudah afkir atau sudah tidak produksi telur lagi. Dan sangat jarang sekali kita temui peternakan bebek pedaging yang memang khusus untuk melakukan ternak bebek pedaging.

Kita ketahui bahwa daging bebek yang sudah afkir atau sudah tua tentu memiliki tekstur daging yang sangat alot dan keras. Agar dapat menghasilkan daging bebek dengan kualitas yang memang sangat bagus, tentu melakukan usaha ternak bebek pedaging adalah solusi untuk memenuhi kebutuhan daging bebek di pasar agar dapat mencukupi dan tidak hanya bergantung pada bebek yang sudah afkir saja.

Saat ini ada beberapa jenis bebek yang sangat cocok untuk di konsumsi, diantaranya adalah bebek hibrida dan bebek petelur. Kedua jenis bebek tersebut memiliki cita rasa daging yang gurih dan empuk, tidak heran jika saat ini sangat banyak yang melakukan ternak bebek hibrida untuk dijadikan bebek pedaging oleh masyarakat di Indonesia. Dan bebek yang masih muda memiliki nilai gizi yang lebih tinggi.

Selain itu, pertumbuhan kedua jenis bebek tersebut juga sangat cepat jika di bandingkan dengan jenis bebek lainnya. Bebek hibrida hanya membutuhkan sekitar 40 hari saja untuk proses penggemukan dan bisa mencapai bobot sekitar 1,5 kg. Dengan membudidayakan jenis bebek tersebut, tentu akan membuat waktu penggemukan dan biaya pakan relatif lebih singkat dan murah dan menghasilkan Ternak Berkualitas.

Pemilihan Bibit Bebek Pedaging

Tips Ternak Bebek Pedaging Agar Sukses

Memilih bibit bebek atau benih bebek pedaging yang berkualitas tentu akan mempengaruhi hasil ternak yang telah kalian jalani. Untuk memilih bibit benih bebek yang berkualitas, tentu anda bisa mendapatkannya dari para peternak bebek yang memang telah berjalan lama yang memang menyediakan bibit bebek berkualitas. Berikut adalah ciri ciri DOD atau benih bebek yang berkualitas baik di artikel Tips Ternak Bebek Pedaging.

  • Memiliki bulu bersih, bagus dan kering
  • Mata jernih, kedua mata terbuka dan tidak buta
  • Bergerak dengan lincah saat ingin di tangkap
  • Kaki kokoh dan tidak pincang
  • Memiliki bobot minimal 40 gram
  • Tubuh tegap, nafsu makan besar dan bebas dari penyakit
  • Usahakan pilih DOD yang memiliki jenis kelamin jantan, karena proses pertumbuhan bebek jantan lebih cepat jika di bandingkan dengan bebek betina.

Syarat Kandang Bebek Pedaging

Tips Ternak Bebek Pedaging Agar Sukses

Sebelum melakukan usaha ternak bebek pedaging, tentu menentukan lokasi kandang dan membuat kandang yang kokoh dan hindari dari pabrik, permukiman warga, udara sejuk, jalan raya. Dan sebaiknya dekat dengan sumber air dan sumber pakan terpenuhi disetiap harinya. Usahakan hindari lokasi yang terkena sinar matahari langsung dan angin kencang.

Kandang yang kokoh atau yang kuat tentu bisa anda buat yang terbuat dari bahan bambu. Dinding dibuat dari kayu, dan sedangkan untuk atapnya bisa menggunakan genteng atau asbes. Kandang bebek membujur ke arah timur ke barat untuk mencegah masuknya sinar matahai langsung disepanjang hari yang akan menyebabkan suhu kandang menjadi panas.

Dengan adanya Tips Ternak Bebek Pedaging yang kali ini saya bahas. Tentu akan membantu anda untuk menemukan solusi bagaimana syarat ataupun lokadi kandang bebek yang sangat strategis atau sangat cocok untuk melakukan usaha ternak bebek. Nah, jika anda demen kuliner atau makan daging bebek, Bebek Kaleyo Warung Bebek Paling Rame Se-Indonesia tentu bisa anda singgahi agar anda bisa mengetahui cita rasa masakan tersebut.

Sanitasi Kandang Bebek Pedaging

Tips Ternak Bebek Pedaging Agar Sukses

Sanitasi kandang tentu juga berperan dalam hal pencegahan penyakit, karena sanitasi kandang juga mempengaruhi proses penggemukan bebek pedaging. Sanitasi kandang tentu berhubungan dengan kebersihan kandang yang meliputi peralatan, pakan dan perawatannya. Usahakan kandang selalu dalam kondisi tidak lembab, kotoran bebek tidak dibiarkan menumpuk sehingga tidak menimbulkan penyakit akibat bakteri atau virus.

Berikut adalah beberapa Tips Ternak Bebek Pedaging untuk mencegah kandang menjadi lembab.

  • Memberikan alas jerami atau sekam padi, karena memang jerami atau sekam padi mampu menyerap air sehingga lantai tidak terlalu lembab.
  • Mengatur atau merancang kandang sedemikian rupa agar sinar matahari bisa masuk ke dalam kandang.
  • Memberikan ruang gerak yang cukup untuk bebek.

Pemeliharaan Dan Pengendalian Penyakit Bebek Pedaging

Tips Ternak Bebek Pedaging Agar Sukses

Memelihara ataupun beternak. Sebaiknya gunakan sistem pemeliharaan secara intensif yaitu ternak selalu dipelihara dan ditempatkan di kandang dan diberikan makan secara terus menerus. Karena dengan cara seperti ini, tentu ternak bebek ataupun jenis ternak lainnya yang anda pelihara mampu tumbuh dengna maksimal dan sesuai dengan keinginan yang anda inginkan.

Sebagai pencegahan penyakit pada ternak bebek anda, tentu anda bisa menjaga kandang tetap bersih, memberikan makanan yang layak untuk di makan. Usahakan jangan memberikan makanan yang sudah basi. Karena itu bisa menyebabkan bebek bisa menjadi lumpuh dan menjadi kurus akibat nafsu makan berkurang.

Panen Bebek Pedaging

Tips Ternak Bebek Pedaging Agar Sukses

Panen bebek merupakan tentu merupakan suatu hal yang sangat ditunggu tunggu oleh para peternak bebek pedaging. Karena memang momen ini adalah momen untuk menentukan berapa hasil keuntungan yang didapatkan dari melakukan usaha budidaya atau ternak bebek pedaging.

Masa panen bebek pedaging dengan menggunakan jenis bebek hibrida dan di pelihara dengan tepat. Tentu bisa di panen dalam waktu sekitar 40 hari saja. Untuk itulah di Tips Ternak Bebek Pedaging Agar Sukses yang kali ini saya berikan tentu akan bisa membuat anda lebih mudah untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Nah, jika anda ingin mendapatkan informasi yang menarik lainnya seputar cara untuk melakukan ternak bebek ataupun ternak lainnya dan merawat hewan peliharaan. Anda bisa kunjungi selalu blog saya di Panduan Cara Ternak, karena disana berbagai macam jenis informasi yang menarik bisa anda dapatkan dengan mudah.

Related Post

  • Teknik Cara Budidaya Burung Walet Dirumah 150x150

    Teknik Cara Budidaya Burung Walet Dirumah

    Belajar Beternak - Ingin memulai usaha ternak burung walet dirumah tetapi belum banyak mengetaui tentang Teknik Cara Budidaya Burung Walet Dirumah. Dan berikut adalah informasi lengkap tentang
  • Cara Ternak Ulat Jerman Dengan Langkah Tepat 150x150

    Cara Ternak Ulat Jerman Dengan Langkah Tepat

    Belajar Beternak - Belum pernah melihat bagaimana Cara Ternak Ulat Jerman ? Mungkin pada artikel yang kali ini saya update untuk kalian yang ingin memulai usaha bisnis ternak ulat jerman bisa
  • Langkah Langkah Ternak Gurame Di Kolam Beton 150x150

    Langkah Langkah Ternak Gurame Di Kolam Beton

    Belajar Beternak - Informasi yang kali ini akan saya bahas adalah informasi tentang Langkah Langkah Ternak Gurame Di Kolam Beton. Untuk anda yang ingin melakukan usaha ternak ikan gurame dirumah
  • Cara Ternak Ulat Hongkong Untuk Para Pemula 150x150

    Cara Ternak Ulat Hongkong Untuk Para Pemula

    Belajar Beternak - Pernahkah anda melihat peternakan ulat hongkong didekat daerah rumah anda ? Jika belum maka Cara Ternak Ulat Hongkong Untuk Para Pemula yang kali ini saya bahas bisa menjadikannya
  • Teknik Cara Ternak Kroto Dengan Cara Modern 150x150

    Teknik Cara Ternak Kroto Dengan Cara Modern

    Belajar Beternak - Pada kesempatan kali ini akan saya bahas informasi mengenai Teknik Cara Ternak Kroto Dengan Cara Modern. Mungkin bagi pemula melakukan usaha budidaya kroto merupakan sesuatu hal
  • Pos-pos Terbaru