Tips Ternak Burung Lovebird Dirumah Untuk Pemula

Belajar Beternak – Khusus di informasi yang kali ini saya bahas akan membahas tentang Tips Ternak Burung Lovebird Dirumah Untuk Pemula. Karena memang melakukan ternak ataupun memelihara sudah sangat banyak dilakukan oleh para pecinta burung hias. Dan salah satu burung yang sangat familiar untuk diternak adalah burung lovebird. Angon Lembu

Tips Ternak Burung Lovebird Dirumah Untuk Pemula

Lovebird adalah salah satu jenis burung kicau ataupun burung hias yang memang sangat terkenal keindahan warna dan juga bentuk tubuhnya. Beternak burung lovebird memang cukup menjanjikan untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Maka dari itu sangat banyak dari para penggemar burung yang mencoba untuk mendapatkan peruntungan yang besar.

Untuk anda yang tertarik untuk melakukan ternak burung lovebird tentu mudah saja. Karena anda bisa memulainya dengan modal yang kecil tetapi bisa meraup keuntungan yang besar. Karena merawat burung ini memang tidak sangat sulit untuk dilakukan. Untuk itulah tidak heran jika sangat banyak para pecinta burung hias yang memilih ternak burung ini dibandingkan dengan ternak burung jenis lainnya.

Dalam melakukan usaha ternak burung tentu anda harus mempersiapkan beberapa peralatan ataupun mempersiapkan hal hal yang bersangkutan dengan burung lovebird. Berikut adalah beberapa Tips Ternak Burung Lovebird Dirumah Untuk Pemula atau untuk anda yang ingin memelihara burung lovebird dengan jumlah populasi yang sangat besar.

Mempersiapkan Kandang Burung Lovebird

Tips Ternak Burung Lovebird Dirumah Untuk Pemula

Hal pertama yang harus anda lakukan sebelum memulai ternak burung lovebird adalah mempersiapkan kandangnya. Nah, jika anda memulai ternak burung lovebird dengan populasi yang begitu banyak. Maka anda juga harus mempersiapkan kandang yang besar sesuai dengan jumlah populasi burung yang ingin anda pelihara atau anda ternak.

Dan anda juga harus mempersiapkan tempat berteluar untuk burung lovebird yang terbuat dari kayu keras berukuran 20 cm x 20 cm x 25 cm. Tempat bertelur burung bisa disebut dengan glodok yang nantinya burung lovebird akan menghiasi sarangnya sendiri agar terlihat lebih nyaman saat burung ingin bertelur.

Memilih Indukan Lovebird Berkualitas

Tips Ternak Burung Lovebird Dirumah Untuk Pemula

Memilih bibit atau calon indukan yang berkualias tentu merupakan salah satu hal yang penting untuk di perhatikan. Karena memang jika anda ingin menghasilkan anakan lovebird yang bagus. Untuk itulah, pada saat memilih indukan burung lovebir yang berkualitas anda harus benar benar paham. Bagaimana ciri ciri indukan burung lovebird berkualitas. Berikut adalah Tips Ternak Burung Lovebird dan ciri ciri indukan berkualitas.

Paruh

  • Untuk mengetahui burung lovebird berkualitas, saat membeli anda bisa memperhatikan bentuk paruh pada burung tersebut. Jika anda ingin membeli indukan lovebird berkualitas, anda bisa memilih indukan yang memiliki paruh yang berpangkal lebar, tebal, besar, panjang dan terlihat kokoh. Panduan Cara Beternak

Kepala

  • Pilihlah lovebird yang memiliki kepala normal dan cenderung besar. Ciri fisik ini biasanya menandakan bahwa burung lovebird memiliki mental berkicau yang baik.

Postur Badan

  • Untuk mengetahui burung lovebird berkualitas tentu anda bisa memilih yang memiliki postur tubuh sedang. Selain itu, anda bisa memilih bakalan atau indukan lovebird yang memiliki leher, badan, ekor dan kaki yang serasi.

Sayap dan kaki

  • Memiliki sayap yang ngepit serta kaki yang mencengkram kuat tentu menandakan burung lovebird yang sangat bagus. Untuk kaki anda bisa memilih kaki yang besar dan terlihat kering, kaki yang tidak begitu mencengkram dengan kuat bisa jadi menandakan bahwa burung tersebut sedang sakit.

Mencocokkan Burung Cinta Burung

Tips Ternak Burung Lovebird Dirumah Untuk Pemula

Proses penjodohan memang tidak semudah seperti yang di bayangkan. Karena proses penjodohan adalah proses mengenalkan indukan jantan dengan indukan betina yang telah anda pilih yang memiliki kualitas yang sangat bagus. Untuk menjodohkan lovebird jantan dan lovebird betina anda hanya perlu mendekatkan lovebird terlebih dahulu agar bisa lebih akrab dan mengenal satu sama yang lain. Info Tempat Liburan

Agar mempercepat proses penjodohan, anda bisa melakukan penjemuran secara bersamaan agar proses penjodohan lebih cepat. Sebelum melakukan hal ini, anda tidak harus mencampur semua burung lovebird didalam satu kandang, karena jika anda mencampurkan semua burung lovebird kedalam kandang. Tentu akan terjadinya perkelahian, karena burung lovebird biasanya suka menyerang jika belum saling menyerang.

Proses Bertelur Dan Mengerami Telur

Tips Ternak Burung Lovebird Dirumah Untuk Pemula

Saat burung lovebird telah melewati proses penjodohan dan perkawinan dan betina sudah bertelur, usahakan jangan sering sering melihat keadaan lovebird agar tidak merasa terganggu. Perlu anda ketahui, ketika sudah bertelur tidak semua burung betina lovebird mau untuk mengerami telurnya, jika terjadi hal serperti itu, tentu anda bisa mencari burung lovebir yang mau mengerami telur.

Caranya adalh dengan mendekatkan betina yang tidak ingin mengerami telurnya dengan betina yang mau mengerami telurnya. Cukup dengan mendekatkan sangar mereka, erangan betina yang tidak mau mengerami telurnya akan memancing betina lainnya untuk mengerami juga.

Memisahkan Anakan Burung Dan Memberikan Pakan

Tips Ternak Burung Lovebird Dirumah Untuk Pemula

Saat telur sudah menetas anda bisa menunggu hingga umur 14 hari lalu kemudian anakan burung lovebird bisa dipisahkan dari indukannya. Bisa juga anda menunggu hingga anakan burung mulai keluar dari dalam sarangnya. Ketika anakan burung dipisahkan dari indukannya, siapkan lampu 5 watt terlebih dahulu pada kandang yang bertujuan untuk menghangatkan tubuhnya.

Usianya yang masih terlalu kecil tentu membuat anakan burung lovebird belum bisa untuk mencari makan sendiri. Maka dari itu, anda perlu memberikannya makan dengan cara menyuapinya dengan menggunakan suntikan. Sebelum memberikan makan tentu anda bisa melepaskan terlebih dahulu jarumnya dan di ganti dengan selang elastis atau karet pentil. Panduan Belajar Beternak

Makanan untuk anakan burung lovebird bisa anda berikan berupa bubur bayi atau pelet yang sudah di seduh dengan air hangat. Anda bisa memberikan makan anakan burung lovebird setiap 4 jam sekali dan berikan perhatian ekstra untuk anakan burung lovebird. Untuk anda yang sedang mencari Tips Ternak Burung Lovebird. Tentu anda bisa kunjungi selalu blog saya ini, karena disini setiap harinya anda bisa mendapatkan informasi yang menarik dan penting untuk anda ketahui.

Related Post

  • Cara Ternak Ulat Hongkong Untuk Para Pemula 150x150

    Cara Ternak Ulat Hongkong Untuk Para Pemula

    Belajar Beternak - Pernahkah anda melihat peternakan ulat hongkong didekat daerah rumah anda ? Jika belum maka Cara Ternak Ulat Hongkong Untuk Para Pemula yang kali ini saya bahas bisa menjadikannya
  • Teknik Cara Ternak Kroto Dengan Cara Modern 150x150

    Teknik Cara Ternak Kroto Dengan Cara Modern

    Belajar Beternak - Pada kesempatan kali ini akan saya bahas informasi mengenai Teknik Cara Ternak Kroto Dengan Cara Modern. Mungkin bagi pemula melakukan usaha budidaya kroto merupakan sesuatu hal
  • Cara Ternak Kambing Kacang Untuk Pemula 150x150

    Cara Ternak Kambing Kacang Untuk Pemula

    Belajar Beternak -  Apakah anda ingin memulai usaha ternak kambing kacang ?. Dan apakah anda sudah mengetahui bagaimana Cara Ternak Kambing Kacang Untuk Pemula ?. Jika memang anda belum banyak
  • Teknik Ternak Sapi Potong Untuk Peternak Pemula 150x150

    Teknik Ternak Sapi Potong Untuk Peternak Pemula

    Belajar Beternak - Teknik Ternak Sapi Potong Untuk Peternak Pemula merupakan tema artikel yang kali ini saya bahas untuk anda semua para penghobi ternak sapi di Indonesia. Dengan adanya cara seperti
  • Teknik Budidaya Lobster Air Tawar Untuk Pemula 150x150

    Teknik Budidaya Lobster Air Tawar Untuk Pemula

    Belajar Beternak - Mau memulai usaha budidaya lobster air tawar tetapi belum banyak mengetahui Teknik Budidaya Lobster Air Tawar ?. Jika memang anda ingin memulai usaha budidaya lobster dengan sangat
  • Pos-pos Terbaru