Tips Ternak Kambing Jawa Tanpa Ngarit

Belajar Beternak – Melakukan ternak kambing tanpa ngarit tentu tidak banyak dilakoni peternak. Berikut adalah Tips Ternak Kambing Jawa Tanpa Ngarit yang tentu bisa mempermudah untuk anda para peternak yang memang merasa sangat sulit untuk mendapatkan pasokan pakan hijauan bagi ternak. Lobang Belut

Tips Ternak Kambing Jawa Tanpa Ngarit

Beternak kambing saat ini tentu sangat banyak dilakukan oleh para peternak di Indonesia. Tetapi melakukan ternak dengan cara tanpa ngarit tentu belum banyak diterapkan bukan?. Nah, bagi anda yang memang ingin beternak kambing dan tidak ingin mencari rumput untuk pakan utama.

Tentu dengan menggunakan cara fermentasi seperti yang kali ini saya bahas anda akan bisa lebih mudah untuk menghemat waktu dan lebih mudah untuk penggemukan ternak yang anda pelihara. Berikut adalah pembahasan lengkap tentang cara untuk beternak kambing jawa tanpa ngarit.

Silase merupakan salah satu cara pengawatan yang tepat untuk diterapkan untuk pakan tambahan atau pakan utama bagi ternak. Silase adalah pakan yang diawetkan agar mampu mencukupi pakan dan mampu bertahan dalam jangka waktu yang lama. Biasanya silase dibuat dari bahan baku berupa tanaman hijau hijuan, limbah pertanian ataupun bahan alami lainnya.

Limbah yang digunakan tentu juga yang memiliki kadar air pada tingkat tertentu kemudian dimasukan kedalam sebuah tempat kedap udara selama kurang lebih 3 minggu. Didalam tempat kedap udara tersebut akan terjadi beberapa tahap proses anaerob atau proses tenpa udara. Yang dimana bakteri asam laktat akan mengkonsumsi zat gula yang terkandung pada bahan baku, sehingga terjadi proses fermentasi.

Silase yang terbentuk dari proses fermentasi ini dapat disimpan dalam jangka waktu yang cukup lama tanpa banyak mengurangi kandungan nutrisi dari bahan baku tersebut. Tentu dengan metode atau Tips Ternak Kambing Jawa tanpa ngarit ini sudah dikembangkan terutama sebagai bahan pakan dari tanaman yang mengandung kadar ari yang sangat tinggi. QJoker Login

Untuk anda yang memang ingin memulai ternak kambing tanpa harus mencari rumput atau ngarit. Dan jika selama ini saat musim kemarau anda sangat sulit untuk mencari pakan utama bagi ternak anda. Tentu di informasi yang kali ini saya bahas anda akan bisa menemukan solusi yang sangat tepat untuk anda lakukan. Berikut adalah beberapa cara ternak kambing jawa tanpa harus ngarit dan menggunakan pakan fermentasi.

Fermentasi Bonggol Jagung

Tips Ternak Kambing Jawa Tanpa Ngarit

Selama ini pemanfaatan bonggol jagung untuk pakan ternak memang belum banyak yang menerapkannya. Banyak peternak yang beranggapan kualitas pakan yang dihasilkan relatif sangat rendah sama seperti pada  pada limbah pertanian jenis lainnya. Tetapi berdasarkan uji kandungan gizi.

Bonggol jagung memiliki kadar protein yang rendah 2,94 dengan kadar lignin 5,2%. Tetapi kandungan cellulose yang cukup tinggi 30% dan kecernaan kurang lebih 40%. Bonggol jagung yang sudah digiling halus biasanya digunakan sebagai campuran ransum sapi potong dengan komposisi sebanyak 10% dari susunan ransum.

Tetapi saat ini tentu sudah sangat banyak kita temui bahwa para peternak sapi atapun hewan ruminansia lainnya yang telah menggunakan bonggol jagung sebagai pakan tambahan bagi ternak yang mereka pelihara. Tentu menggunakan bonggol jagung adalah Tips Ternak Kambing Jawa yang juga sangat cocok untuk anda yang memang sangat sulit untuk menemukan pakan hijau. Info Tempat Liburan

Fermentasi Gedebok Pisang

Tips Ternak Kambing Jawa Tanpa Ngarit

Gedebog pisang saat ini memang banyak di manfaatkan sebagai pakan ternak dengan cara di fermentasi terlebih dahulu. Memang masih banyak peternak di Indonesia yang belum mengetahui manfaat serta kandungan nutrisi pada batang pisang ini sebagai pengganti pakan utama ternak seperti kambing ataupun sapi.

Kandungan yang terdapat pada batang pisang ini menurut para ahli memiliki kandungan nutrisi yang komplit sebagai pengganti pakan ternak. Adapun komposisi rata rata nutrisi dalam batang pisang antara lain Bahan Kering 87,7%, Abu 25,12%, Lemak Kasar 14,23% Serat Kasar 29,40% Protein Kasar 3% termasuk asam amino, amine nitrat, glikosida, mengandung N, glikilipida, vitamin B asam nukleat, bahan ekstra tanpa nitrogen (BETN) 28,25% termasuk karbohidrat, gula dan pati.

dengan diketahui kandungan nutrisi yang baik pada batang pisang atau gedebog pisang. Tentu kebutuhan pakan ternak bisa di kendalikan oleh para peternak saat musim kemarau tiba taupun saat musim hujan tiba. Memang jumlah protein kasar pada gedebog pisang tidak terlalu tinggi.

Tetapi dengan mencampur bahan lain seperti bekatul, bungkil kelapa, ampas tahu ataupun limbah jenis lainnya dan di tambahkan dengan bahan fermentasi. Tentu membuat ternak yang anda pelihara bisa lebih mudah dalam proses penggemukannya. Terlebih lagi saat ini sangat banyak para peternak yang beternak sapi ataupun kambing masih dengan cara lama.

Untuk itulah disini saya memberikan sebuah Tips Ternak Kambing Jawa yang tentu bisa anda terapkan dirumah dengan mudah. Jika memang anda ingin berhasil melakukan ternak kambing dengan cara yang mudah dan tidak membutuhkan modal besar.

Fermentasi Jerami Padi

Tips Ternak Kambing Jawa Tanpa Ngarit

Jerami padi tentu merupakan limbah pertanian yang memiliki potensi besar untuk di manfaatkan sebagai pakan untuk ternak setelah di panen. Dan seiring berkembangnya pengetahuan para peternak, tentu kini jerami padi sudah dimanfaatkan menjadi makanan ternak ruminansia baik sebagai pakan utama ataupun pakan tambahan.

Proses pembuatan fermentasi jerami padi dilakukan pada tempat yang terlindung dari hujan dan sinar matahari langsung. Dimana untuk kapasitas 10 ton dapat di buat bangunan dengan ukuran 4 x 5 m. Lantai dasar dapat dibuat dari semen atau tanah yang dipadatkan dan di tinggikan dari tempat sekitar. Panduan Cara Beternak

Tahap Pembuatan Fermentasi

  • Jerami padi yang baru di panen dengan kadar 65%
  • Tumpuk jerami padi ditempat yang telah disediakan dengan ketinggian 20cm
  • Taburi urea dan probiotik secara merata dengan takaran masing masing  2,5 kg untuk setiap 1 ton jerami padi
  • Tambahkan timbunan jerami padi setebal 20 cm dan taburi lagi urea dan probiotik secara merata. Anda bisa melakukan hal tersebut seterusnya hingga tumpukan jerami padi mencapai 1 sampai 2 m.
  • Tutup plastrik dan diamkan selama 14 hari agar proses fermentasi berlangsung secara sempurna.

Membuat pakan dengan cara fermentasi dengan memanfaatkan jerami padi tentu tidak membutuhkan modal yang cukup besar. Karena jerami padi yang kita dapatkan bisa langsung ambil dari para petani yang memanen padinya.

Fermentasi Rumput Hijau

Tips Ternak Kambing Jawa Tanpa Ngarit

Berbicara mengenai ternak memang tidak akan lepas dari pakan. Pakan memiliki peran 60% dari seluruh biaya operasional peternakan, maka dari itu peternak juga harus pandai untuk mengatur jenis pakan yang harus diberikan oleh hewan ternak yang mereka pelihara. Pemilihan pakan tentu juga harus anda perhatikan jika memang ingin memaksimalkan proses penggemukan.

Untuk memenuhi kebutuhan pakan tersebut, para peternak tentu masih ada yang belum paham jenis pakan tambahan apa saja yang sangat cocok untuk diberikan. Maka dari itu di artikel kali ini saya memberikan sebuah Tips Ternak Kambing Jawa tanpa harus ngarit atau mencari rumput.

Pakan yang sangat mudah kita dapatkan adalah pakan rumput hijauan, pakan ini tentu sangat mudah untuk di dapatkan disekitar kita. Jika musim kemarau tiba, tentu akan mengalami kesulitan dalam mencari pakan hijau. Dan jika kita hanya mengandalkan pakan hijauan sebagai target penggemukan ternak tentu tidak akan semaksimal seperti yang kita inginkan dan tentu akan memakan waktu yang lama.

Tentu anda bisa mencoba menjadikan pakan hijauan sebagai pakan tambahan seperti memfermentasikan pakan hijau. Karena dengan cara tersebut tentu memiliki keuntungan tersendiri bagi para peternak salah satu contohnya adalah mengehmat waktu dalam proses penggemukan sapi ataupun kambing.

Melalui informasi yang kali ini saya bahas melalui blog saya ini tentu anda bisa lebih mudah untuk menemukan solusi tentang Tips Ternak Kambing Jawa ataupun solusi cara beternak lainnya. Untuk anda yang memang sedang mencari informsi Panduan Belajar Beternak, tentu anda bisa kunjungi selalu blog saya ini.

Related Post

  • Cara Ternak Ulat Hongkong Untuk Para Pemula 150x150

    Cara Ternak Ulat Hongkong Untuk Para Pemula

    Belajar Beternak - Pernahkah anda melihat peternakan ulat hongkong didekat daerah rumah anda ? Jika belum maka Cara Ternak Ulat Hongkong Untuk Para Pemula yang kali ini saya bahas bisa menjadikannya
  • Teknik Cara Ternak Kroto Dengan Cara Modern 150x150

    Teknik Cara Ternak Kroto Dengan Cara Modern

    Belajar Beternak - Pada kesempatan kali ini akan saya bahas informasi mengenai Teknik Cara Ternak Kroto Dengan Cara Modern. Mungkin bagi pemula melakukan usaha budidaya kroto merupakan sesuatu hal
  • Cara Ternak Kambing Kacang Untuk Pemula 150x150

    Cara Ternak Kambing Kacang Untuk Pemula

    Belajar Beternak -  Apakah anda ingin memulai usaha ternak kambing kacang ?. Dan apakah anda sudah mengetahui bagaimana Cara Ternak Kambing Kacang Untuk Pemula ?. Jika memang anda belum banyak
  • Teknik Ternak Sapi Potong Untuk Peternak Pemula 150x150

    Teknik Ternak Sapi Potong Untuk Peternak Pemula

    Belajar Beternak - Teknik Ternak Sapi Potong Untuk Peternak Pemula merupakan tema artikel yang kali ini saya bahas untuk anda semua para penghobi ternak sapi di Indonesia. Dengan adanya cara seperti
  • Teknik Budidaya Lobster Air Tawar Untuk Pemula 150x150

    Teknik Budidaya Lobster Air Tawar Untuk Pemula

    Belajar Beternak - Mau memulai usaha budidaya lobster air tawar tetapi belum banyak mengetahui Teknik Budidaya Lobster Air Tawar ?. Jika memang anda ingin memulai usaha budidaya lobster dengan sangat
  • Pos-pos Terbaru